Anjuran dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Tuberkulosis (TBC)

      Comments Off on Anjuran dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Tuberkulosis (TBC)

Kali ini, laman ekstrakalami.com akan membahas mengenai anjuran dan pantangan makanan untuk penderita tuberkulosis atau TBC yang sebaiknya Anda semua ketahui.

Penyakit tuberkulosis atau TBC paru merupakan salah satu penyakit menular yang harus mendapatkan penanganan dengan segera untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Dalam proses pengobatan penyakit tuberkulosis atau TBC sampai benar-benar pulih, setidaknya pasien harus mengkonsumsi obat yang diresepken selama 6 bulan berturu-turut secara disiplin tanpa putus. Karena, tertinggal sedikit saja mengharuskan pasien mengulang kembali pengobatan dari awal.

Nah, dalam mengobati penyakit tuberkulosis atau TBC yang Anda derita, Anda juga sebaiknya memperhatikan asupan makanan yang akan Anda konsumsi setiap harinya.

Lho, kenapa?

Menjaga asupan makanan untuk penderita tuberkulosis atau TBC adalah penting. Hal ini karena, ada beberapa makanan yang memang tidak cocok untuk dikonsumsi oleh penderita TBC. Selain bisa memperburuk gejala yang ada, makanan tertentu dapat menurunkan efektifitas beberapa jenis obat.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk Anda mengetahui makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi penderita tuberkulosis atau TBC.

Inilah Daftar Anjuran dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Tuberkulosis atau TBC

Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja minuman dan juga makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tuberkulosis atau TBC, di bawah ini ada listnya untuk Anda yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Tuberkulosis / TBC

Pertama, penderita tuberkulosis harus menghindari alkohol dalam bentuk apapun, baik itu minuman (tuak, wine, bir, dll), mupun makanan (tape, durian, anggur, duku, nanas, dll).

Makanan Untuk Penderita Tuberkulosis

Tidak hanya alkohol, Anda juga sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman berkarbonasi, seperti soda, minuman penambah energi, dan minuman ringan lainnya. Hal ini karena minuman jenis tersebut mengandung fruktosa yang tinggi yang dapat mengganggu pernapasan dan memperburuk gejala yang sudah ada.

Baca Juga : Pengobatan Tradisional TBC / Tuberkulosis yang Aman dan Terbukti Ampuh

Sementara dari jenis makanan, sebaiknya Anda menghindari:

  1. Makanan yang mengandung bahan pengawet, baik itu makanan ringan, mie instan, makanan kalengan, dan makanan sejenisnya
  2. Daging olahan, seperti bacon, nugget, ham, sosis, dll.
  3. Ikan asin dan terasi yang mengandung zat nitrosamin dan rhodamin B yang bisa menyebabkan peradangan
  4. Acar
  5. Makanan tinggi garam
  6. Kafein, baik kopi maupun cokelat
  7. Saus
  8. Jus buah kemasa
  9. Makanan tinggi gula, baik yang menggunakan gula olahan maupun gula halus, seperti donat, puding, roti putih, aneka cake, dan lainnya.
  10. Daging kambing
  11. Fast food / junk food
  12. Makanan pemicu alergi Anda
  13. Makanan berlemak tinggi, termasuk makanan berminyak, seperti aneka gorengan dan makanan bersantan.

Nah, itulah beberapa pantangan makanan tuberkulosis yang sebaiknya tidak ada dalam menu harian Anda.

Anjuran Makanan Untuk Penderita Tuberkulosis / TBC

Dokter menyarankan Anda untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi guna membantu meningkatkan stamina dan metabolisme tubuh Anda.

Makanan Untuk Penderita Tuberkulosis

Makanan bergizi juga sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda yang lemah untuk melawan Mycobacterium tuberculosis yang menjadi penyebab utama tuberkulosis atau TBC yang Anda derita.

Beberapa makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita tuberkulosis meliputi:

  1. Berbagai macam buah dan sayur
  2. Daging tanpa lemak
  3. Susu dan produk olahannya, seperti yoghurt
  4. Makanan yang mengandung protein tinggi, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan berprotein lainnya
  5. Makanan yang mudah di cerna, seperti bubur, dan lainnya.

Demikianlah informasi mengenai makanan untuk penderita tuberkulosis atau TBC yang meliputi anjuran dan pantangannya. Semoga, artikel ini dapat bermanfaat dan membantu pengobatan tuberkulosis yang sedang Anda jalani mendapatkan hasil yang optimal.

SALAM SEHAT